Tentang Kami

Histori

Awal 2016, jejaring seniman pecinta batik di Yogya memulai gerakan bernama Gerakan Cinta Batik sebagai Mahakarya Indonesia (GCBMI). GCBMI bertekad untuk membangkitkan budaya batik sebagai karya agung bangsa dalam rangka merevitalisasi semangat cinta tanah air, cinta kebhinnekaan budaya, dan cinta kearifan lokal. Gerakan ini bersifat sosial non profit, kultural non politis, dan moral non agama.

Pada momen Hari Batik Nasional di bulan Oktober 2017, GCBMI diajak oleh Disperindag DIY untuk ikut mendukung event nasional bertajuk “Batik to the Moon” yang diadakan di Jogja Expo Center (JEC). Dalam event inilah GCBMI bersinergi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasai untuk memulai pengkaryaan batik-batik bertema “Siberkreasi”. Karya “Batik Siberkreasi 1” dicanting pertama kali oleh Menkominfo RI Rudiantara dalam event tersebut (26 Oktober 2018).

Visi

Batik Siberkreasi adalah gerakan revitalisasi budaya batik dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi.

Misi

  • Misi Seni, Memajukan pengkaryaan seni batik bertema Siberkreasi
  • Misi Edukasi. Mendukung proses edukasi (literasi) digital melalui multi kegiatan yang berkaitan dengan budaya batik
  • Misi Peradaban, Menumbuhkan komunitas dan jejaring pembatik sebagai duta-duta pembaharu kebudayaan.

Kegiatan

  • Gerakan pengkaryaan batk-batik konten posiitif.
  • Gerakan pengkaryaan kreasi-kreasi digital bernuansa batik seperti musik batik, film batik, klip batik, dan sebagainya.
  • Gerakan pembangunan jejaring para seniman batik sebagai duta-duta konten positif yang berkarya dengan media batik dan media sosial/online.
  • Gerakan pembangunan komunitas dan kampung-kampung Batik Siberkreasi.

Para Fasilitator

Sebagai sebuah gerakan seni yang bersifat sosial non profit, kultural non politis, dan moral non agama, Batik Siberkreasi merupakan jejaring terbuka bagi  setiap pribadi yang terpanggil dalam gerakan ini. Para pengampu gerakan ini disebut sebagai para fasilitator. Beberapa fasilitator yang sudah aktif antara lain Livy Laurens MACE MA, Idha Jacinta, Dr, Susana Prapunoto, Guntur Susilo, Th Dwi Lestari, Yoga Suwarto, Poniman Kelik, Mas Bekel Supriyanto SE, Wahyu Widayat, Wisnu Purwanto, Dr. Erlang Setiawan,Dr. Haryadi Baskoro, YPPN Budya Wacana, Pusat Studi Seni Budaya STT Tawangmangu (PSSB-ST3).

Kampung Batik Manding Siberkreasi

Disamping Galeri yang berlokasi di Jl, Tunjung Baru B-8 Baciro Yogya, Batik Siberkreasi juga berbasis di “Kampung Batik Manding Siberkreasi” yang berlokasi di Jl. Wora -wari 19, RT 01 RW 08,  Kepek 1, Kepek,Kota Wonosari, Kab Gunungkidul, Yogya 55813

Hubungi Kami

  • Galeri GCBMI-Siberkreasi, Jl. Tunjung Baru B-8 Baciro, Kota Yogya 55225
  • Kampung Batik Manding Siberkreasi, Jl. Wora-wari 19, RT 01 RW 08, Kepek 1, Kepek,Kota Wonosari, Kab Gunungkidul, Yogya 55813